Pakan Ayam Ketawa

Pakan ayam ketawa sekarang ini sudah tidak sama dengan pakan asli ayam ketawa yang digunakan Suku Bugis, di Bugis sendiri untuk memberi makan ayam ketawa dewasa banyak menggunakan pakan gabah kering, Ini dimaksudkan agar suara kokok ayam ketawa menjadi lebih nyaring dan bening . Sebab gabah yang dimakan ayam tersebut dapat berfungsi untuk membersihkan lendir pada tenggorokan ayam ketawa,dengan kata lain berfungsi sebagai korok tenggorokan ayam ketawa tersebut agar tidak gatal.

Hasilnya suara ayam ketawa makin khas jadi makin panjang dan tinggi, pemberian pakan gabah sendiri ada caranya yaitu, gabah kering sebelum diberikan untuk pakan ayam ketawa direndam air dulu selama satu malam, pada saat direndam biasanya gabah yang tidak berisi/gabuk akan mengambang, lalu gabah yang tidak berisi/gabuk tersebut dibuang. Besoknya gabah yang direndam semalam tadi setelah airnya dibuang kemudian disajikan untuk pakan ayam.

Namun karena dikota – kota besar mencari gabah sangat susah, kita tidak perlu khawatir karena karakter ayam ini tidak jauh berbeda dengan ayam lainnya.Jadi, makanannya pun  cukup diberi poer , jagung dan rajangan sawi hijau seperti ayam kampung lainnya.

Sedangkan pakan untuk ayam ketawa anakan, biasanya menggunakan BR sampai umur sekitar 2 bulan, kemudian setelah diatas umur 2 bulan bisa dicampur dengan jagung halus , yang dapat dibeli di toko toko yang menyediakan pakan untuk ayam.Setelah ayam ketawa berumur 3 bulan ke atas,ayam bisa juga di beri makan nasi yang di campur dengan AD 1 atau juga bisa di tambah BR sedikit.AD satu berfungsi untuk pembentukan tulang ayam ketawa agar fisik ayam tersebut kokoh.

17 komentar:

Anonim mengatakan...

maaf mas mau nanya,,,kalo anakan ayam baru menetas di kasih makan apa ya,,,maaf saya baru masih awam sekali,,,makasih atas balasannya,,

Andi Arya mengatakan...

kalo baru menetas beri makan BR saja sampai sekiranya umur 1 bulan,kaao sudah satu bulan di beri makan BR campur jagung giling juga bisa.thanks

Anonim mengatakan...

baik gan,,,,nice info,,makasih sekali lagi...semoga sukses dalam penjualan ayamnya,,

iben mengatakan...

q jga mw tnya mas. q pnya aym ktwa umur 4bln. q jga plihara aym jago bangkok,pelung,n kate..di usia 4bln kan aym ktwa lg bljar bunyi,apa nti akan merusak kualitas suaranya? thx

Andi Arya mengatakan...

Iben@sya rasa tidak gan,,itu juga tergantung ayamnya juga,,mudah terpengaruh apa tidak gitu,,,mending aym ketawa disendirikan dan tidak dijadikan satu dengan jenis ayam lain...kalo ayam ketawa saya satu bulan sudah belajar kokok gan,,,,

Muhamad Yusuf mengatakan...

saya punya ayam ketawa, saya mau nanya mas, BR dan AD1 itu jenis pakan apa y??
terima kasih

Andi Arya mengatakan...

MYusuf@itu jenis konsentrat yg punya nilai gizi lebih dari cukup mas...dari campuran biji2an dan dedak...

Anonim mengatakan...

info nya membantu sangat
terima kasih

Andi Arya mengatakan...

Anonim@sama2 gan...

Anonim mengatakan...

.kak ayam nya makanya nggak..lahab..
Harus d kasih apaya??

Anonim mengatakan...

numpang nanya mas,
saya baru sekali ini pelihara ayam ketawa. dan sekarang udah umur 2,5 bulan. tapi kok belum ada tanda2 berkokok yah mas ? ? ?
padahal mkanan udah terjamin banget. sperti : jagung halus, jangkrik, gabah, sayuran.
trus tiap 3 hri sekali sya mandiin, tiap hari sya jemur.

apa ada yg salah mas cra merawatnya ?

tolong masukannya . . . .

Dinar Mukti mengatakan...

gabah yg sudah direndam satu malam dikeringkan lagi apa tidak mas? trims

Anonim mengatakan...

gan sya mu tanya sya punya ayam ketawa sepasang tp gk mu brcinta n bertelur. Gmn caranya agar ayam ketawa sya bs dikembang biakan.

Andi Arya mengatakan...

Anonim 1:dikasih vit penambah nafsu mka mas...coba cari di toko pakan...

Anonim 2:Harusnya umur 1 bulan aja dah kokok gan,,,itu tergantung kualitas ayam juga,,,,kadang umur sebulan dah kokok,,,tp kdg umur 3 bulan lebih baru kokok,,,wajar aj mas...

Dinar :Di keringkan bisa,,,tapi kalo misalkan di kasihkan langsung jg gpp gan,,,,

Anoninm 3: hahaha...lauk mahal ya gan....

Anonim 4: itu belum birahi gan,,,kasih aj hemaviton jreng,,,akaka,,,juskid....di kasih makanan yag bergizi dan di umbar di t4 yg agak luas gan....


Anonim mengatakan...

gan mau tanyak ayam ketawa umur 1 minggu brp ya gan

Andi Arya mengatakan...

Anonim@PM aj gan harganya,,,by SMS/PHONE.tx

Fahmi Athailla mengatakan...

nice info bro, kunjungi balik ya.

harga hp | harga samsung galaxy s4 mini | harga asus zenfone 4 | harga evercoss a12 | harga nokia lumia 1320 | harga samsung galaxy s5 | harga oppo n1