Cara memelihara,merawat dan melatih ayam ketawa

Cara memelihara ayam ketawa
Sebagian orang yang belum mengetahui cara memelihara ayam ketawa membayangkan sangat sulit atau ada aturan aturan tertentu yang membuat repot pemelihara ayam ketawa, sehingga banyak yang ragu untuk memelihara ayam ketawa tersebut. Memelihara ayam ketawa sangatlah mudah, tidak ubahnya seperti memelihara ayam ayam hias atau ayam aduan, bahkan lebih mudah, karena dalam memelihara ayam ketawa tidak ada aturan – aturan khusus, hanya bila yang sudah dewasa perawatannya adalah cukup pemeberian jamu atau suplemen dan dimandikan, kemudian di jemur.
Memelihara anakan ayam ketawa.
Memelihara anak ayam ketawa untuk umur 1 sampai 30 hari, untuk pakannya cukup diberi por 591 dan minum yang di beri suplemen, untuk anak ayam ketawa pada umuran tersebut yang perlu diperhatikan adalah suhu ruangan, sebaiknya suhu ruangan di buat panas yaitu dengan cara kadang di beri lampu listrik 5 watt. Dan juga agar anak ayam ketawa tidak mudah terserang penyakit sebaiknya di vaksin, dan pilihlah vaksin yang kita mudah melakukannya sendiri yaitu dengan cara vaksin melalui tetes mata.
Vaksin ayam ketawa yang baru menetas sampai umur 1 minggu gunakan Medivac ND Hitchner B1, dan gunakan 1 tetes kemata ayam ketawa. Usahakan vaksin tersebut benar – benar masuk kemata ayam ketawa, dengan cara setelah diteteskan kemata ayam,pegang dahulu sampai dia mengerjapkan mata berkali – kali, baru kemudian ayam ketawa dilepas. Sedangkan untuk vaksin kelanjutannya yaitu umur 1 bulan sampai dewasa gunakan Medivad ND La Sota, caranya sama dengan cara pemberian vaksin pada anak ayam ketawa.
Memelihara Ayam ketawa umur 1 – 4 bulan.
Untuk ayam ketawa pada umuran tersebut pemberian pakan por 591 cara berangsur-angsur mulai dikurangi, yaitu dangan cara por dicampur beras merah atau jagung slep. Pada anakan ayam ketawa umuran tersebut mulai belajar berbunyi, dan perawatannya selain di berimakan, minuman ayam di capur suplemen, suplemen ayam bermacam – macam seperti vita chicks, electrovit, raid chicks.
Memelihara ayam ketawa dewasa.
Ayam ketawa dewasa sudah mulai rajin berbunyi, pakan ayam ketawa ini cukup di beri beras merah atau jagung slep, agar tidak bosan sekali sekali bisa di beri por 594. untuk menjaga kesehatan beri suplemen merek seperti yang telah saya sebutkan diatas.
Pada ayam ketawa yang dewasa ini sudah mulai dimandikan cukup 1 minggu 3 – 4 kali dengan cara di lap pakai busa yang basah, sebaiknya jangan terlalu basah karena akan berpengaruh pada bulu ayam ketawa, setelah dimandikan cukup dijemur 2-3 jam.
Dan juga sering – sering dilatih bertengger di tenggeran yang di buat menyerupai hurup T dimensi tenggeran cukup mengunakan kayu 4 cm x 4 cm dengan panjang 60 cm sedangkan tiang bisa gunakan kayu 5/7 atau bambu diameter 8 cm, tinggi cukup 120 cm dan agar tidak goyang ditaman 50 cm.



Cara merawat Ayam Ketawa


·         Lingkungan dan kandang ayam harus rajin di semprot Densifektan

·         Berilah pakan selingan yg Sehat yaitu Jahe iris kecil dan Kunyit yg sudah di keringkan dan di Campur kedalam pakan ayam ketawa tsb  dan Pisang atau Tomat ,Kecambah,Jangkrik muda dan Cacing tanah

·         di Saat Terkena Virus Pilek,Ngorok,Berak kapur,hijau,dan Lemas berikanlah asupan TetraChlor atau Obat dan Suntikan khusus untuk Penyakit tsb,kalau sy biasanya saya berikan cukup Tetra Chlor 2x Sehari pagi-sore dan di Makanannya di Campur jahe +Kunyit ,kemudian Ayam yg sakit di Pisahkan dari ayam yg sehat..biasanya  3-4hari sudah sembuh asalkan Rutin Telaten meberikan obat tsb,,selebihnya wajib memberikan suntikan Anti Virus "GRUBUK"3Bulan sekali  

·         Ayam Ketawa Butuh Refresing...Jangan terus diKurung nanti bisa stress juga,,ayam ketawa perlu di biarkan sejenak berjemur di pagi hari di tanah dan rerumputan


·         Jangan lupa kasih sayang dan perhatian anda terhadap ayam ketawa agar ayam ketawa anda Lebih dekat dengan anda


Cara melatih ayam ketawa

  1. Untuk anakan ayam ketawa yang malas berkokok harus di Pisahkan dari ayam ketawa lainya atau di sendirikan di ruang/tempat yg berbeda agar memancingnya untuk berbunyi.
  2. Mandikan ayam ketawa di pagi hari dan di jemur sebentar setelah itu masukan lagi ke sangkar kemudian  gantung di tiang tempat yg tinggi,,seperti halnya Ayam Bekisar.
  3. Untuk anakan maupun ayam ketawa dewasa harus sering dilatih di tiang kayu yang berbentuk huruf "T" , tujuannya adalah selain untuk persiapan kontes lomba, juga untuk melatih menjinakkan ayam Ketawa yg  agak liar dgn cara kakinya diikat dgn tali panjang khusus ayam.








13 komentar:

ayam ketawa mengatakan...

Terimakasih atas ilmu yang bermanfaat. Semoga ayam ketawa semakin banyak peminatnya. Salam ketawa.

Obat Kembali Gadis mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Unknown mengatakan...

Ayam ketawa@Sama2 gan,,,salam jg..
Obat@Terimakasih gan,,,

status watshap mengatakan...

Makasi atas infox,,,,,

Anonim mengatakan...

saya gak tau umurnya ayan ketawa, soalx pninggalan bapak. bingung ngerawatx

mas kosmetik mengatakan...

potingan anda bermanfaat bangets gan makasih

Unknown mengatakan...

All komentator@thanks...

lowongan kerja mengatakan...

Terima kasih sudah memberikan kesempatan untuk berkomentar, postingan ini sangat bermanfaat buat saya ;).

Lowongan Kerja terbaru
Informasi Update
Lowongan Kerja Indonesia
Kliknesia
Prediksi Jitu

Lowongan Kerja januari
Lowongan Kerja februari
Lowongan Kerja maret
Lowongan Kerja april
Lowongan Kerja mei
Lowongan Kerja juni
Lowongan Kerja juli
Lowongan Kerja agustus
Lowongan Kerja september
Lowongan Kerja oktober
Lowongan Kerja november
Lowongan Kerja desember
Obat Kuat Pria - Pelangsing

Anonim mengatakan...

Jamu,ayam ketawa itu apa,saja bahannya,,?

Anonim mengatakan...

JUAL ANAKAN AYAM KETAWA SLOW,,DANGDUT,,,DISCO
25.000 - 50.0000 UTK ANAKAN
75.000 - 100.000 BUJANG
200.000-1.000.000 DEWASA
-
CALL : 0853-522-54052
Bang MAIL

Unknown mengatakan...

asalamualaikum,...
min saya mau tanya saya memelihara beberapa jenis ayam seperti ayam merawang, bangkok dan brima, saya ingin memelihara ayam ketawa..
yg saya ingin tanyakan bila saya memelihara ayam ketawa apakah kokok ayam lain bisa merusak kualitas kokok ayam ketawa..?? dn sebaiknya bagai mana??
tolong infonya ya min

Unknown mengatakan...

asalamualaikum,...
min saya mau tanya saya memelihara beberapa jenis ayam seperti ayam merawang, bangkok dan brima, saya ingin memelihara ayam ketawa..
yg saya ingin tanyakan bila saya memelihara ayam ketawa apakah kokok ayam lain bisa merusak kualitas kokok ayam ketawa..?? dn sebaiknya bagai mana??
tolong infonya ya min

awdawd mengatakan...

agen sabung ayam s128 dan sv388 terpercaya

http://agensabungayam.logdown.com/post/7837867-kandungan-daun-jambu-biji-untuk-ayam-bangkok-aduan

Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita