Telur Ayam Ketawa

Ayam ketawa betina pada umumnya mempunyai kemampuan bertelur kurang lebih 11 sampai 13 butir dalam siklus sekali masa kawin, tetapi daya tetas tinggi tidak terdapat pada telur pertama sampai telur ketiga, hal ini karena pembuahan belum sempurna, jadi telur hanya menumpang lewat karena merupakan bentuk sel telur pertama, baru telur keempat dan seterusnya di pastikan telur yang bagus yang  terisi dengan embrio.

Jadi saat telur ke satu sampai ke tiga keluar, kita ambil semua dan sisakan 1 butir telur sebagai pancingan agar betina terus bertelur.

Untuk menunjang masa kesuburan atau masa bertelur pada induk ayam ketawa,maka induk ayam ketawa harus diberi pakan yang berkualitas, yaitu dengan di beri pakan kacang hijau. Fungsi kacang hijau sendiri adalah untuk meningkatkan daya tetas dan bisa menghasilkan telur lebih banyak dari ayam ketawa tersebut.

Kiat untuk memperbanyak telur ayam ketawa dapat dilakukan dengan cara setelah semua telur ke luar 11-13 butir, pindahkan semua telur dan sisakan satu butir di tempat induk ayam itu bertelur.Dengan demikian induk ayam itu akan bertelur lagi. Sedangkan telur-telur lainnya yang telah dipindahkan dari sarangnya kemudian di eramkan di inkubator hingga menetas

3 komentar:

Obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

mantap nie gan makasih atas semua info nya ,,,,,

Unknown mengatakan...

ok gan,,,sama-sama

Unknown mengatakan...

Gan..ayam ketawa q..bertelur hanya sampai 6..kok bs gtu y gan?